<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar/25859804?origin\x3dhttps://zionku.blogspot.com', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Lilypie Kids birthday Ticker
Wednesday, August 30, 2006

Komputerkuw

Dari kmaren mommy bete banget karena ngga bisa akses internet. Masalah bermula dari hari Senin malem, waktu daddy lagi pake komputer terus hang. Udah dicoba untuk reboot tapi ngga bisa, akhirnya mommy hard reboot deh. Eh tapi malah ngga bisa booting akhirnya, keluar error "A disk read error occured, please press Ctrl+Alt+Del to restart". Tuh kan mommy sampe hapal error msgnya. Hehehehe... Dicoba restart berkali2 tapi balik lagi ke error yang sama. Coba hubungin teknikal support nya, tapi udah tutup karena mereka cuma buka office hour 9-6. Ya udah akhirnya kita nyerah dan mutusin untuk telpon Dell aja besok pagi2.

Selasa paginya, begitu bangun tidur mommy langsung tuh telpon Dell untuk melaporkan masalah ini. Ngga banyak troubleshooting sih, dan orangnya langsung bilang kalo keliatan masalah di harddisk dan mereka akan replace dengan yang baru secara ini komputer masih ada garansinya. Mommy minta prosesnya dipercepat n bilang need internet urgently (padahal mah buat ngeblog sama ceting doang :D). Dan merasa terbantu banyak sih. Siang itu juga HDD yang baru dianter trus selang setengah jam kemudian engineernya dateng dan pasangin HDD itu. Yang bikin bete tuh semua data di HDD yang lama ngga bisa diretrieve. Kita dikasih pinjem HDD lama itu selama 7 hari sih, just in case kita mao cari cara sendiri retrieve datanya. Ada yang bisa bantu?

Jadilah kmaren sore mommy back to online lagi, sampe kemudian Asuk (adenya daddy) dateng karena mommy sempet telpon dia minta tolong liatin, bisa ngga bantu retrieve datanya. Setelah dikotak katik, masih bisa detect sih, tapi ngga bisa read datanya. Dan kitapun cuma bisa pasrah kalo semua file2, poto2, video2 yang ada di HDD lama harus ilang :(. Nah lucunya tuh, pas HDD yang lama dibuka trus kita coba nyalain lagi komputernya, eh malah ngga bisa. Cuma ada bunyi bip 2 kali, tapi di monitor ngga ada tampilan apa2. Tadinya sempet pikir masalah sama monitor, tapi kok kita tetep bisa nyalain TV (monitornya kesambung ke TV tuner). Dan karena hari sudah makin malem n Asuk juga harus kerja besoknya, akhirnya kita minta dia jangan kuatir dan mommy bakal telpon Dell lagi aja besok. Keliatan banget Asuk ngerasa bersalah gitu, sampe2 pas dia udah di jalan pun dia masih SMS mommy minta maap bikin komputer rusak n mommy jadi ngga bisa pake lagi. Mommy sih cuma ketawa2 aja... Asal masih under warranty aja deh. Hahahaha

Tadi pagi, lagi2 mommy telpon Dell begitu bangun tidur. Kebetulan Zion masih tidur, jadi mommy masih agak lega ngomong sendirian tanpa digangguin Zion. Tentu saja kali ini mommy ngga ceritain masalah sebenernya dan cuma bilang kalo kmaren komputer dah bisa sebentar, trus ngga bisa dinyalain lagi. Nah yang ngangkat telpon tuh cewe, trus minta mommy buka CPU nya. Ya mommy pura2 takut lah, bilang ngga ngerti komputerlah dsb. Tapi dia bilang dia harus tau dulu masalahnya di mana. Jadilah mommy ngikutin maunya dia. Buka CPU, copotin memory, taro balik memory, dan laen2 deh. Tapi tetep aja ngga menyelesaikan masalah, dan kesimpulan akhirnya, dia bilang ada masalah dengan motherboardnya. Ya mommy mulai tinggi juga suaranya, kok dari tadi diajak muter2 geto. Pokoknya demand minta dikirim dan selesai siang ini juga karena mommy ada kerjaan penting!!! (cailah...padahal mah lagi2 urusan percetingan :P).

Jam 12 lewat datanglah motherboard baru itu disusul dengan kedatangan engineer jam 1 kurang. Si engineer ini cuma nyoba nyalain komputer sekali, trus langsung deh tuh kotak katik CPU. Mommy sempet ngintip sebentar n nanya, emang masalahnya separah itu sampe perlu ganti motherboard segala? Katanya sih karena helpdesk laporan motherboard problem, ya dia urusin motherboard dulu. Digantilah motherboard komputer kita dengan yang baru. Tapi sodara2..... mengganti motherboard ini tidak menyelesaikan masalah!!! CPU nya bisa nyala tanpa bunyi2 aneh sekarang, tapi di monitor tetep ngga ada tampilan apa2. Baru deh tuh engineer nanya2, ada alat apa lagi yang tersambung ke komputer. Dan mommy jelasin cuma ada ADSL modem sama TV tuner aja. Trus ditelusurilah sama dia, dan ketemu penyebab masalahnya.... kabel yang menghubungkan CPU ke TV tuner tuh ngga nyambung. Ternyata kmaren pas Asuk tarik2, tuh kabel kelepas kayanya. Tapi mommy ngga mao disalahin dong! Mommy bilang, ya pantes aja copot, elo tarik sih CPU nya tadi waktu ganti motherboard. Tuh engineer minta2 maap trus pasang balik kabelnya. Dan here mommy is!!! Duduk depan komputer sambil ngapdet blog, dengan HDD dan motherboard baru dari DELL :D

Kesimpulan : Jangan selalu percaya apa yang user bilang.... Hahahahahaha.....

Zion's mom;
2:51 PM

12 comments

12 Comments:

At 3:51 PM, Anonymous Anonymous said...

pengalaman loe sndiri sbg helpdesk apakah sering dikadalin user ? hihihihi

 
At 4:15 PM, Blogger cika said...

justru gue belajar dari para user gue dulu, makanya sekarang jadi bisa ngadalin helpdesk...hehehehe

 
At 5:13 PM, Blogger -ndutyke said...

betapa gag enaknya tidak bisa online....

saya mengerti perasaan-mu Bu ;)

http://tyka82.blogspot.com/

 
At 8:00 PM, Blogger keluarganugraha said...

hihihy gw jadi kesian ama techniciannya ci.. :D

 
At 12:02 AM, Blogger cika said...

tyka : bener2 bikin bete kan yeee :D

atli : hihihi..gue juga sebenernya kesian sih, ya tapi gimana dong :D

 
At 10:20 AM, Anonymous Anonymous said...

udah denger tentang bunda Inong sis?

 
At 5:18 PM, Blogger nie said...

walah walah hahahahaha...
untung Dell ngelayaninnya cepet yak :D

 
At 12:42 AM, Blogger cika said...

arman : udah man...sepulangnya dari malacca tadi. sedih banget :(

sherly : iya, untung bisa cepet

 
At 4:24 AM, Blogger MCS said...

hahaha kocak, jadi rusak krn kabelnya copot..udah gitu nyalain engineernya pulak, hihihi..

 
At 9:23 AM, Anonymous Anonymous said...

hahahahaha....asli aku baca cerita ini sambil ketawa-ketiwi...klo mau survive di spore...harus bisa ngotot...walopun gak ngerti2 amat...hehehehehehe..buktinya cika bisa dapat cpu baru...hehehehe

 
At 1:03 PM, Anonymous Anonymous said...

yup jangan percaya apa yang dikatain user....

"percayalah apa yang dikatain hendra" siip hehehehe apa khabar disana?

 
At 11:20 PM, Blogger cika said...

juju : ya itulah untungnya pernah kerja jadi helpdesk, jadi tao gimana cara yang menguntungkan kalo jadi user...hehehehe

ria : iya ria, tapi hdd emang masalah dari dell nya kok

hendra : iya deh cayaaaa..... kita masih liburan ngeblog dulu, secara pho2 sama khiu2 (emak n ade gue) lagi liburan di sini. tungguin laporannya yeee

 

Post a Comment

<< Home